Tak Perlu ke RS, Pasien OTG dan Gejala Ringan Cukup Isoman di Rumah

- Jumat, 4 Februari 2022 | 11:13 WIB
Ilustrasi Isoman di Hotel. /Pixabay/
Ilustrasi Isoman di Hotel. /Pixabay/

HALUAN KALBAR -Pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan sebaiknya isolasi mandiri (isoman) di rumah. Hal ini ini dimaksudkan agar rumah sakit bisa merawat pasien gejala berat dan sedang.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan varian Omicron ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan gejala lebih ringan dan tingkat kesembuhan tinggi, yang berbeda dengan varian Alpha, Beta, dan Delta.

"Pasien yang masuk rumah sakit, 85 persen sudah sembuh, sedangkan yang kasusnya berat, kritis hingga membutuhkan oksigen sekitar 8 persen," ungkap Nadia dalam keterangannya, Jumat 4 Februari 2022.

Baca Juga: Sopir Avanza yang Acungkan Pistol ke Pengemudi Truk Ditangkap

Bagi pasien isoman selama saturasi di atas 95 persen ke atas tidak perlu khawatir, jika ada gejala seperti batuk, flu, demam segera konsultasi melalui telemedicine atau puskesmas setempat.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/4641/2021 tentang Panduan Pelaksanaan Pemeriksaan, Pelacakan, Karantina dan Isolasi dalam Rangka Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 terdapat 5 derajat gejala Covid-19, yaitu:

1. Tanpa gejala/asimtomatis yaitu tidak ditemukan gejala klinis.

Baca Juga: Kejagung Periksa 12 Direksi Perusahaan terkait Kasus Korupsi LPEI

2. Gejala ringan yaitu pasien dengan gejala tanpa ada bukti pneumonia virus atau tanpa hipoksia, frekuensi napas 12-20 kali per menit dan saturasi oksigen >95 persen.

Gejala umum yang muncul seperti demam, batuk, kelelahan, kehilangan nafsu makan, nafas pendek, mialgia dan nyeri tulang. Gejala tidak spesifik lainnya seperti sakit tenggorokan, kongesti hidung, sakit kepala, diare, mual dan muntah, hilang penciuman (anosmia) atau hilang pengecapan (ageusia).

Halaman:

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Kasus Baru Covid-19 Capai 36.057 Orang

Minggu, 6 Februari 2022 | 21:47 WIB

Terpopuler

X