Covid-19 Naik Lagi di Tanah Air, MUI: Salat Jumat Bisa Diganti Salat Zuhur

- Kamis, 3 Februari 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi salah jumat
Ilustrasi salah jumat

HALUAN KALBAR - Kasus covid-19 di Tanah Air kembali mengalami kenaikkan, melonjaknya pasien di negeri ini diyakini sebagai gelombang ketiga Covid-19.

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia menyatakan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah di Tengah Pandemi masih relevan untuk dijadikan pedoman bagi umat di tengah meningkatnya kasus Covid-19.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (KF-MUI), KH Miftahul Huda, mengatakan hal ini sangat relevan bagi umat Islam untuk tetap dilaksanakan dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: Sidak ke Tempat Hiburan Malam, Satu Pengunjung Bar Code Senopati Reaktif Covid-19

"Artinya, bila suatu tempat kita tinggal itu positif Covid itu banyak yang mengenai jamaah atau tetangga kita yang dinyatakan positif, tentunya ibadah salat berjamaah bisa dilakukan di tempat masing-masing," ungkap Miftahul seperti dikutip dari laman resmi MUI, Kamis 3 Januari 2022.

"Dan pelaksanaan salat Jumat bisa diganti dengan sholat Zhuhur, itu jika kondisi tak terkendali," sambungnya.

Miftahul menyebut di saat fatwa ini ditetapkan, bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia belum siap menghadapi Covid-19. Secara pengetahuan masih ada simpang siur bagaimana Covid-19 dan bagaimana hidup bersama Covid-19.

Baca Juga: Warga Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas Tersangkut di Pintu Air Duren Sawit

Menurut dia, kondisi sekarang ini sudah berbeda lantaran sudah banyak yang sudah divaksinasi Covid-19. Bahkan, pengetahuan masyarakat terhadap Covid-19 sudah banyak. Sehingga, dia menilai masyarakat sudah siap untuk bagaimana menghadapi dan hidup bersama Covid-19.

Meski begitu, Miftahul menegaskan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah di Tengah Pandemi masih relevan untuk dijadikan pedoman bagi umat Islam dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.

Halaman:

Editor: Syafarudin Ariansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Kasus Baru Covid-19 Capai 36.057 Orang

Minggu, 6 Februari 2022 | 21:47 WIB

Terpopuler

X