Kemenkes hanya Mengimbau agar Oknum Tak Bermain Jebakan Karantina ke WNA

- Selasa, 1 Februari 2022 | 19:40 WIB
 Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi (Foto: Gorajuara.com/Dok.pikiran-rakyat.com)
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi (Foto: Gorajuara.com/Dok.pikiran-rakyat.com)

HALUAN KALBAR - Salah satu warga negara asing (WNA) asal Ukraina diduga menjadi korban dari permainan karantina. Sebab, pada masa akhir karantina yang dijalani, WNA tersebut mendapatkan hasil tes PCR positif Covid-19 sehingga diwajibkan menjalani karantina ulang.

Menyikapi permainan karantina ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya buka suara. Oknum yang diduga terlibat diberikan peringatan agar tidak memanfaatkan situasi pandemi Covid-19.

"Kami mengimbau agar tidak ada oknum yang memanfaatkan situasi ini," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi dalam keterangannya, Selasa 1 Februari 2022.

Baca Juga: 100 Rumah di Duri Kepa Jakbar Hangus Terbakar, Kerugian Mencapai Rp1,8 Miliar

Dikatakan Nadia, pemerintah sudah menetapkan aturan masa karantina bagi WNA yang tiba di Tanah Air. Jika pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) positif Covid-19 maka wajib menjalani isolasi dan bisa meminta pemeriksaan lab sebagai pembanding.

"Dan proses isolasi ini sudah dijalankan dan sudah ada hasil negatif dua kali pasca-isolasi dan sudah dinyatakan selesai isolasi," sambungnya.

Baca Juga: Polisi Segel Bar Big Brother Kemang karena Langgar Jam Operasional Selama PPKM

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut ada salah satu aduan dari warga negara Ukraina saat hendak menyelesaikan masa karantina.

Disebutkan bahwa WN Ukraina itu telah menjalani karantina setibanya di Indonesia dengan hasil tes PCR negatif sejak awal. Kedatangannya ke Indonesia dengan tujuan berlibur di Bali. Namun, di hari terakhir karantina mereka melakukan tes kembali dengan hasil positif.

Baca Juga: Kuasa Hukum Keberatan Penahanan Edy Mulyadi, Polri: Sudah Sesuai Prosedur

Halaman:

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Kasus Baru Covid-19 Capai 36.057 Orang

Minggu, 6 Februari 2022 | 21:47 WIB

Terpopuler

X