Masa Karantina WNI dan WNA Dipangkas Pemerintah Jadi Lima Hari

- Senin, 31 Januari 2022 | 22:18 WIB
Ilustrasi karantina karena Covid-19  (Pixabay / Alexey_Hulsov / Cover Both Side)
Ilustrasi karantina karena Covid-19 (Pixabay / Alexey_Hulsov / Cover Both Side)

HALUAN KALBAR - Pemerintah memangkas masa karantina menjadi lima hari bagi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang datang dari luar negeri. Sebelumnya, periode karantina yang diberlakukan tujuh hari.

Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, pemangkasan masa karantina tersebut berlaku bagi WNI maupun WNA yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap.

"Bagi yang baru melaksanakan vaksinasi dosis pertama tetap harus menjalani karantina selama 7 hari," ujar Menko Luhut dalam konferensi pers secara virtual 'Evaluasi PPKM', Senin 31 Januari 2022.

Baca Juga: Ritel Diimbau Terapkan Harga Jual Minyak Goreng Rp14 Ribu

Pemangkasan masa karantina ini mempertimbangkan keterbatasan sumber daya yang dimiliki seiring naiknya kasus harian varian Omicron dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya tempat penampungan bagi pasien positif varian Omicron bergejala ringan.

Untuk itu, kata Luhut, Wisma Atlet yang selama ini dipakai sebagai tempat karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) akan dialihfungsikan menjadi tempat isolasi terpusat pasien Covid-19, termasuk Omicron.

Baca Juga: Penyayang, 4 Zodiak Ini Bisa Menjadi Orangtua Terbaik

"Ini seiring dengan kebutuhan isolasi terpusat yang diprediksi meningkat untuk kasus konfirmasi OTG (orang tanpa gejala) dan bergejala ringan," tukasnya.***

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Kasus Baru Covid-19 Capai 36.057 Orang

Minggu, 6 Februari 2022 | 21:47 WIB

Terpopuler

X