Pasien Omicron Wajib Tahu, Berikut Cara Berobat dan Mendapatkan Paket Obat Isoman Gratis

- Jumat, 28 Januari 2022 | 18:06 WIB
Ilustrasi pasien varian Omicron (PMJ News)
Ilustrasi pasien varian Omicron (PMJ News)

HALUAN KALBAR - Inodnesia melalui Kementerian Kesehatan saat ini memberikan kemudahan bagi pasien Covid-19 dengan varian Omicron untuk mendapatkan layanan berobat isoman gratis. Lakukan tahapan-tahapan berikut ini.

Baca Juga: Perjanjian Ekstradisi RI-Singapura Diteken, Kejagung Siap Buru 247 Buronan

Layanan telekonsultasi dan paket obat gratis yang bisa diakses di laman isoman.kemkes.go.id

  1. Untuk mendapatkan layanan ini, kamu wajib melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.
  2. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka kamu akan menerima WhatsApp dari Kemkes (dengan centang hijau) secara otomatis. Namun, apabila kamu tidak mendapat pemberitahuan melalui WhatsApp, kamu bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs isoman.kemkes.go.id.
  3. Pasien isoman Omicron dapat berkonsultasi online dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin (AlOdokter, Aido Health, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok) jika sudah dapat pemberitahuan dari WhatsApp.
  4. Caranya dengan menekan link yang ada di pesan WhatsApp dari Kemenkes atau di link yang muncul ketika pengecekan NIK mandiri di situs isoman.kemkes.go.id/panduan.
  5. Lalu, masukkan kode voucher agar bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis isoman. Kemudian, informasikan kepada dokter bahwa Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.
  6. Setelah melakukan konsultasi secara online, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.
  7. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman.

Baca Juga: KPK akan Periksa Istri Alex Noerdin terkait Kasus Suap Bupati Nonaktif Banyuasin

Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

Sebagai catatan, untuk sementara program ini hanya berlaku untuk area Jabodetabek.

Jenis Obat Isoman Gratis

Obat-obatan terbagi menjadi dua paket, yaitu paket A dan paket B.

Paket 1

Program obat ISOMAN gratis paket A diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Jenis obat yang diberikan berupa multivitamin (C, B, E, Zinc), Vitamin C, dan Vitamin D.

Halaman:

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Kasus Baru Covid-19 Capai 36.057 Orang

Minggu, 6 Februari 2022 | 21:47 WIB

Terpopuler

X