Berikut Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Salah Satunya Merawat Otak

- Selasa, 30 November 2021 | 23:38 WIB
Ilustrasi Daun kelor (Pixabay/svibhandik)
Ilustrasi Daun kelor (Pixabay/svibhandik)

HALUAN KALBAR - Sebagian orang mungkin belum banyak yang mengetahui daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bagi tubuh.

Tumbuhan ini bisa membantu perkembangan tubuh sekaligus mengobati berbagai macam penyakit. Berikut lima manfaat dari tanaman bernama latin Moringa Oleifera.

1. Mengobati Kanker
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Oncology Letters, daun kelor dapat digunakan untuk mengobati kanker.

Baca Juga: Mampukan Kehadiran Ralf Rangnick di Old Trafford Angkat Prestasi MU?

Kandungan zat antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya mampu menangkal radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker. Daun ini dilaporkan digunakan untuk kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

2. Menurunkan Kolesterol
Penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh dapat berakibat fatal. Low density lipoprotein atau LDL ini menumpuk di pembuluh darah dan menyumbatnya.

Dampaknya sangat mengerikan: meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Nah, daun Moringa oleifera ini ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: Korban Penembakan Ipda OS di Tol Bintaro Mengaku Wartawan

3. Merawat Fungsi Otak
Salah satu penyakit degeneratif yang dialami otak adalah Alzheimer. Kandungan vitamin C dan E yang tinggi pada daun kelor bermanfaat untuk melawan stres oksidatif yang bisa memicu munculnya penyakit Alzheimer di usia lanjut.

Daun kelor juga dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang berfungsi untuk menimbulkan perasaan bahagia di tubuh manusia. Mood yang baik dan bahagia sangat berpengaruh terhadap fungsi otak agar tidak terjadi stres berlebih.

Halaman:

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Kasus Baru Covid-19 Capai 36.057 Orang

Minggu, 6 Februari 2022 | 21:47 WIB

Terpopuler

X