Jokowi Ungkap Penyebab Banjir di Sintang, Salah Satunya Kerusakan DAS

- Rabu, 8 Desember 2021 | 16:34 WIB
Presiden Joko Widodo saat berada di Sintang Kalbar (Setpres)
Presiden Joko Widodo saat berada di Sintang Kalbar (Setpres)

HALUAN KALBARPresiden Joko Widodo mengungkap banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat disebabkan oleh hujan yang ekstrem, serta kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan daerah tangkapan hujan.

"Ini terjadi pertama memang adanya hujan yang ekstrem. Tapi yang kedua, yang ini perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan catchment area daerah tangkapan hujan," jelas Jokowi seperti dilihat dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rbu 8 Desember 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bandara Tebelian di Sintang

Jokowi mengatakan, pemerintah akan melakukan penanaman pohon dan penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawai. Hal ini diharapkan dapat mencegah banjir di Kabupaten Sintang.

"Saya harapkan dengan itu akan memperbaiki catchment area, memperbaiki daerah aliran sungai utamanya di daerah hulu," harapnya.

Jokowi juga menjelaskan pemerintah telah melakukan upaya jangka pendek untuk mengatasi banjir di Sintang. Pemerintah membangun tanggul pengendali banjir di Kelurahan Ladang Kabupaten Sintang.

Baca Juga: Alasan Ini Alasan Ipda OS Lakukan Penembakan di Exit Tol Bintaro

"Dalam jangka pendeknya yaitu, dengan membuat tanggul dari geotube yang diisi pasir yang kita harapkan dalam jangka pendek bisa mengurangi banjir yang ada," tutur Jokowi.***

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AU dan TUDM Gelar Latihan Bersama

Senin, 29 November 2021 | 23:08 WIB

Terpopuler

X