Nekad Gelar Reuni 212, Ini yang akan Dilakukan Polisi

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:48 WIB
Ilustrasi Reuni 212 (Pikiran Rakyat)
Ilustrasi Reuni 212 (Pikiran Rakyat)

HALUAN KALBAR - Metro Jaya berjanji akan menindak tegas para peserta Aksi Reuni 212 yang rencananya akan dilakukan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Kamis 2 Desember 2021.

Tindakan tegas itu lantaran hingga saat ini polisi tidak memberikan izin aksi reuni 212 tersebut.

Baca Juga: Polri Jamin Kamtibmas di Papua saat Peringatan HUT OPM

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menyatakan pihaknya akan menindak dengan tegas kepada pihak-pihak yang nekat melakukan Aksi Reuni 212 tersebut.

"Kegiatan ini tidak mendapatkan izin, jika mereka tidak mengindahkan dan memaksakan maka kita akan menerapkan hukum yang berlaku," kata Zulpan kepada wartawan, Rabu 1 Desember 2021.

Nantinya, pihak yang nekat ikut menyelenggarakan Reuni 212 akan dipersangkakan dengan tindakan pidana  sesuai Pasal 212 sampai Pasal 218 KUHP.

Baca Juga: Tak Perlu Karantina jika Jamaah Umrah Gunakan 4 Vaksin Jenis Ini

"Disamping UU KUHP, kita juga terapkan UU karantina kesehatan Nomor 6 tahun 2018 yang menyatakan tiap orang wajib mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan, bagi siapa yang menghalangi maka dapat dikenakan sanksi hukum," jelasnya.

Zulpan berharap, massa yang akan mengikuti Reuni 212 ini dapat memahami aturan dan larangan yang telah ditetapkan, dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Kapal Pelayaran Diimbau Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selat Sunda

Halaman:

Editor: Syafarudin Ariansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X