Riset : Anak Muda yang Keseringan Main TikTok Lebih Gampang Mengalami Gangguan Mental

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 20:03 WIB
Ilustrasi TikTok  (UNSPLASH -  Solen Feyissa)
Ilustrasi TikTok (UNSPLASH - Solen Feyissa)

HALUAN KALBAR - Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi paling laris yang digunakan oleh kebanyakan content creator.

Di aplikasi tersebut, pengguna bisa dengan bebas mengekspresikan dirinya melalui tarian atau yang biasa disebut dengan dance cover, bernyanyi, membuat video transisi, dan lain-lain. Tidak heran aplikasi ini banyak digemari oleh semua kalangan.

Baca Juga: Polisi Mengaku Belum Terima Surat Permohonan Penangguhan Penahanan dari Adam Deni

Selain itu, konten-konten yang variatif dan tak jarang mengundang tawa juga menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang banyak yang mengunduh aplikasi ini. Tapi tahukah Sobat Hipwee, kalau ada penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu sering bermain TikTok bisa membuat penggunanya mengalami beberapa gangguan?

 

Sebuah jurnal yang diteliti oleh Peng Sha dan Xiaoyu Dong dalam International Journal of Environmental Research and Public Health di School of Journalism and Communication, Southwest University, Chongqing, China yang di-publish pada tanggal 21 Agustus 2021, meneliti bahwa terlalu sering bermain TikTok dapat menyebabkan beberapa gangguan mental seperti depresi, kecemasan, stres, dan kehilangan memori.

Baca Juga: Usai Gorok Leher Istrinya, Pria di Pemangkat Ini Berusaha Bunuh Diri dengan Cara Minum Racun Rumput

Penelitian tersebut diambil dari 3036 murid sekolah menengah atas di Cina, yaitu sebanyak 1305 murid laki-laki dan 1731 murid perempuan di mana mereka merupakan pengguna aktif dari aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan SPSS Amos. Hasilnya, terdapat efek depresi dan kecemasan dari pengguna TikTok.***

Editor: Syafarudin Ariansyah

Sumber: Hipwee

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyayang, 4 Zodiak Ini Bisa Menjadi Orangtua Terbaik

Senin, 31 Januari 2022 | 21:40 WIB

Kapan Puasa Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2022?

Minggu, 30 Januari 2022 | 12:31 WIB

Berikut 8 Varian Soto dari Berbagai Daeah di Nusantara

Selasa, 11 Januari 2022 | 23:00 WIB

Terpopuler

X